Nasional

Focal UI Sukses Gelar Simposium Kebangsaan disertai Pidato Kebudayaan tentang Hari Lahirnya Pancasila serta Visi Indonesia 2045.

Titiek Puspa hadiri sekaligus mengisi acara Simposium Kebangsaan disertai Pidato Kebudayaan tentang Hari Lahirnya Pancasila serta Visi Indonesia 2045.

Jakarta, UI, 01-06-2019 – Pers News
Forum Koordinasi Lintas Fakultas Alumni UI (Fokal UI) diawali oleh Pande K. Trimayuni, Ketua Fokal UI dan sebagai MC acara ini dan disponsori INADIS sukses diadakan sebagai kelanjutan dari acara simposium sebelumnya tanggal 20-05-2019 di UI, Salemba, Jl. Menteng Raya No.31, Jakarta Pusat.

Turut hadir para guru besar UI dan para ahli untuk membahas tema-temanya, serta urun rembug tanggal 24-04-2019 lalu di Grand Indonesia, tepatnya di Resto Palalada dan serangkaian Focus group discussion (FGD) yang dilaksanakan secara marathon  tanggal 27-05-2019 bekerjasama dengan SKSG UI di Kampus UI Salemba.

Sigid Edi Sutomo, Cendekiawan, Sekretaris Jenderal Forum Koordinasi Lintas Fakultas Alumni Universitas Indonesia (FOKAL UI).

Acara ini dihadiri seratus Alumni UI, termasuk Pande K. Trimayuni, Ketua FOKAL UI, dan Sigid Edi Sutomo, SekJen. FOKAL UI.

Adapun tema yang sudah dibahas di Simposium Kebangsaan, 01-06-2019 di gedung Joang 45 ini  bertujuan untuk melihat persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara empiris yang meliputi aspek :

1.Pengembangan SDM, kesetaraan gender, pemberdayaan komunitas.

2.Pembangunan Ekonomi, Ketahanan Pangan dan Pemeliharaan Lingkungan

3.Pendidikan, Riset & Teknologi, Kesehatan

4.Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Penegakan Hukum, Kerjasama Global

5.Pembumian Ideologi Pancasila, Identitas serta Budaya bangsa

Tahapan Simposium ini dimulai dari diskusi pendek, saran dan masukan tertulis untuk kepemimpinan Jokowi lanjut dua periode, dari para pakar dan guru besar, serta rembug antar alumni.

Rangkaian Simposium ini terdiri dari kegiatan:

*Panel: ”Menuju Visi Indonesia 2045: Penguatan Kualitas Manusia, Clvil Society dan Kesejahteraan Masyarakat”

Moderator : Dr. Hanibal Hamidi, Dr. Adinda Tenriangke, Haidar Alwi MT

Solution : Prof. Dr. Melani Budianta, Nugroho Dewanto

Convener : Hesti Tobing

*Panel: Menuju Visi Indonesia 2045: Pembumian Pancasila, Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan Tantangan Global.

Moderator : Dr. Haryadi Wirawan, Cecil Sumarlin.

Solution : Budiman Soejatmiko, Theo Sambuaga, Budi Djarot

Convener : Rudi S. Kamri.

Pande K. Trimayuni, Ketua FOKAL UI.

Dalam kata sambutannya, Ketua FOKAL UI,Pande K. Trimayuni menyatakan, FOKAL UI mengharapkan agar Pemerintahan Jokowi-Kyai Ma’ruf merevitalisasi dan membumikan kembali Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila harus menjadi spirit bagi kemajuan, harmoni dan kekuatan bangsa. Pemerintah Jokowi harus mengikis habis radikalisme, ideologi anti Pancasila.

Acara penutup diisi oleh Pembacaan Pancasila bersama sama serentak oleh Bp  Arlo, Nasihat, wejangan dan lagu-lagu, salah satunya dinyanyikan oleh Bu Titiek Puspa. (Admin).

 

1
persnews
Aktual, Tajam, Terpercaya;
http://www.persnews.id