Nasional Politik

Gelar Doa Bersama Untuk Indonesia oleh Haidar Alwi bersama Tokoh Lintas Agama.

 

Jakarta Utara, Jumat, 26-07-2019 – Pers News,

Haidar Alwi, Pembina Gerakan Anti Radikalisme menggelar acara doa bersama tokoh lintas agama. Kegiatan tersebut, kata Haidar, merupakan embrio dari gerakan besar yang akan dilakukan di seluruh wilayah untuk tetap menyuarakan persatuan Indonesia, dalam rangka mencegah kelompok intoleran dan radikal di Indonesia.

“Radikalisme dan intoleran yang paling besar untuk bergerak itu biasanya dari bawah, dimana gerakan tersebut terus bergerak ke atas,” kata Haidar di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara, Jumat (26-07-2019).

Haidar Alwi mengatakan, tidak ingin ada persekusi sesama bangsa, untuk itu dirinya meminta kepada seluruh pihak, agar kerukunan antar umat beragama betul-betul terjadi bukan hanya sekedar cerita.

“Kita ingin melihat dari bawah betul-betul bergandengan tangan, saling tolong-menolong tidak ada lagi kata-kata minoritas ataupun mayoritas,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Haidar juga mengatakan bahwa gerakan untuk tetap mempersatukan Indonesia akan terus dilakukan ke berbagai wilayah di tanah air. “Kita akan mulai dari titik-titik yang lebih rawan semisal di Salatiga, karena di sana itu masih banyak orang-orang yang diperkuat akibat berbeda pandangan,” katanya.

“Setelah Salatiga kemungkinan kita akan bergerak ke daerah lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kalau di Jawa Barat kita akan adakan kegiatan di Bogor, seperti kita tahu di sana ada sebuah jamaah gereja yang sampai saat ini untuk beribadah saja masih dilakukan di bawah pohon pinggir jalanan,” terang Haidar.

Haidar menjelaskan kita tidak ingin ada persekusi sesama bangsa, untuk itu kita meminta kerukunan umat beragama betul-betul terjadi bukan hanya cerita doang (lips service). Kita ingin melihat dari bawah betul-betul bergandengan tangan, saling tolong-menolong tidak ada lagi kata-kata minoritas ataupun mayoritas.

“Jadi semisalnya nanti ada acara keagamaan di tempat ibadah, para pemeluk agama lain yang berbeda saling bahu-membahu untuk mensukseskan yang ada di tempat tersebut. Itulah sasaran kita supaya kebhinekaan ini betul-betul bukan hanya cerita doang, tetapi betul-betul terjadi di bumi Indonesia dan kalau sudah terjadi maka luar biasa indah Indonesia akan menjadi contoh seluruh dunia,” tegasnya. (admin).

1
persnews
Aktual, Tajam, Terpercaya;
http://www.persnews.id