Award Berita Flash Nasional Politik Terpopuler

Menag Fachrul Razi Wakili Presiden Joko Widodo Buka Fest. Cap Go Meh 2020 di Singkawang

PersNews, Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu, 08 Februari 2020 19:00 PM,

Menag Fachrul Razi mewakili Presiden Joko Widodo membuka puncak Festival Cap Go Meh 2020 di Singkawang, Kalimantan Barat.

Menag menyampaikan Presiden Joko Widodo pun amat mengapresiasi Festival Cap Go Meh 2020. “Saya menyampaikan salam dari Bapak Jokowi. Beliau mohon maaf karena tidak bisa bergabung hari ini. Tapi beliau sangat mengapresiasi festival ini,” ucap Menag, Sabtu (08/02).

Pembukaan ditandai dengan penabuhan genderang oleh Menag Fachrul Razi, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. Tampak hadir mendampingi Menag Ibu Anni Fachrul Razi, Dirjen Bimas Buddha Caliadi dan Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Ridwansyah.

Ia mengaku senang bahwa Festival Cap Go Meh 2020 Singkawang ini menjadi momentum yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Singkawang. “Setiap perayaan agama hendaknya disikapi sebagai momen untuk lebih mengoptimalkan dan merekatkan hubungan antar umat beragama,” pesan Menag.

Festival Cap Go Meh 2020 Singkawang ini menurut Menag bukan saja menjadi momen bagi Kota Singkawang atau Provinsi Kalimantan Barat saja. Namun, merupakan event nasional.

“Festival Cap Go Meh 2020 ini bukan hanya menjadi even Singkawang. Tapi juga, merupakan event nasional,” ujarnya.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengklaim perayaan Cap Go Meh di Singkawang ini merupakan yang terbesar bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. “Festival Cap Go Meh 2020 ini juga menarik minat para wisatawan, bukan hanya domestik, tapi juga luar negeri,” tuturnya.

Menurutnya Festival Cap Go Meh ini juga telah tercantum dalam Calendar 100 of Event yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara Gubernur Kalimantan Barat mengapresiasi helatan Festival Cap Go Meh 2020. Menurutnya, Singkawang telah membuktikan bahwa harmonisasi dan toleransi masyarakat dapat mendorong pergerakan ekonomi dan pembangunan daerah.

“Singkawang sudah menunjukkan hasilnya luar biasa semoga. Singkawang juga memiliki modal utamanya sebagai kota tertoleran di Indonesia,” ujar Sutarmidji.

Menurutnya, toleransi, kebersamaan serta harmonisasi itu kunci dari keberhasilan melaksanakan pembangunan. “Tanpa harmonisasi, tanpa toleransi, kita sulit untuk membuat kemajuan pembangunan,” tutur Sutarmidji.

Puncak Festival Cap Go Meh 2020 Singkawang dibuka dengan Tarian NKRI. Tarian ini menggambarkan keberagamaan adat istiadat yang ada pada masyarakat Singkawang. Ada tiga etnis utama yang selama ini hidup berdampingan di Singkawang, yaitu: Tionghoa, Dayak, dan Melayu.

Dalam kegiatan yang juga disemarakkan oleh berbagai stand ini juga dimeriahkan dengan parade 847 tatung yang diarak mengelilingi jalan-jalan utama Kota Singkawang.(red)

1
persnews
Aktual, Tajam, Terpercaya;
http://www.persnews.id