Award Berita Flash Nasional

Focus Group Discussion : HARI KEBUDAYAAN BETAWI Jakarta, Rabu 11 Maret 2020

PersNews, Lynt Hotel, Rabu (11/03/2020) 10:00 AM,

Kebudayaan Betawi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rentang panjang perjalanan sejarah berdirinya kota Jakarta.

Secara politis, geografis dan demografls perkembangan dan Budaya Betawi merupakan hasil kolaborasi Budaya yang Multi kultural, minimal empat aliran Budaya lnternasional yaitu Melayu, Arabic, Eropa dan China berperan dalam memperkaya mozaik Budaya Betawi.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Masyrakat Betawi (BAMUS BETAWI) dengan maksud dan tujuan tercapainya kesepahaman tentang pentingnya pencanangan Tanggal berapa dan pada Bulan apa ditetapkannya sebagai HARI KEBUDAYAAN BETAWI.

Dengan penetapan HARI KEBUDAYAAN BETAWI diharapkan nantinya akan diperkuat dengan memiliki payung hukum berupa Peraturan Gubernur DKI Jakarta dan hal itu akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Daerah Nomor : 4 Tahun 2015 Tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Pada peringatan HARI KEBUDAYAAN BETAWI diharapkan seluruh lapisan masyarakat Jakarta berpartisipasi secara aktif untuk turut serta memeriahkan dan menyemarakannyai

Jakarta Sebagai |bukota Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana bermukim berbagai suku bangsa dari seluruh Indonesia dan juga Masyarakat mancanegara, maka Etnis Betawi sebagai penduduk intikota Jakarta, dengan Budayanya yang Multi Kultural harus tampil terdepan sebagai Pemersatu Budaya Nasional dan Perekat Budaya Antar Bangsa.

Dengan ditetapkan HARI KEBUDAYAAN BETAWI yang akan diselenggarakan setiap tahun, diharapkan ini akan menjadi puncak seluruh kegiatan Budaya di Kota Jakarta sekaligus memperkuat program strategis Pemerintah Daerah yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Festival Seni Budaya Sepanjang Tahun, dalam upaya menjadikan Jakarta sebagai Kota Budaya dan warganya sebagai Masyarakat yang menjunjung tinggi nilai nilai luhur kearifan lokal yang terkandung Budaya Betawi sebagai bagian integral dari kebhinekaan Budaya Nasional.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dapat meredoi rencana dan Niat yang Mulia ini demi masa depan kita kaum Betawi umumnya Masyarakat Jakarta untuk Indonegia “ Amin” (red)

persnews
Aktual, Tajam, Terpercaya;
http://www.persnews.id